Printer dan Macamnya

12 11 2009

Printer adalah output device berupa piranti keras (hardware) yang mencetak teks atau grafik pada kertas adan media cetak lainnya yang memungkinkan. Saat ini terdapat berbagai macam printer. Berdasar teknologi yang digunakan, printer dapat dikelasifikasikan sebagai berikut :

1. Daisy-wheel: serupa dengan mesin ketik yang menngunakan plastik atau metal (seperti palu) yang merupakan cetakan setiap huruf yang akan mencetak huruf dengan menekan semacam pita. Printer jenis itu hanya dapat mencetak huruf dan tidak grafik.

2. Dot-matrix: printer ini mencetak karakter dengan menekankan pin pada pita tinta. Setiap pin menghasilkan titik, dan kombinasi titik-titik ini membentuk karakter atau ilustrasi.

3. Ink-jet: printer ini memancarkan tinta pada lembaran kertas. Printer jenis ini dapat menghasilkan teks dan grafik dengan kualitas tinggi.

4. Laser: printer ini menggunakan teknologi yang sama dengan mesin fotokopi. Printer ini dapat menghasilkan teks dan grafik dengan kualitas yang sangat tinggi.

5. LCD & LED: printer ini serupa dengan printer laser, tetapi menggunakan kristal cair (liquid crystals) atau dioda yang memancarkan sinar (light-emitting diodes).

6. Line printer: printer ini terdiri rantai karakter atau pin yang mencetak keseluruhan baris pada satu waktu. Printer ini sangat cepat tetapi dengan kualitas yang rendah.

7. Thermal printer: printer ini menggunakan pin yang dipanaskan yang menekan kertas yang sensitif dengan panas. Printer ini banyak digunakan pada kalkulator dan mesin faks.

Printer dapat juga diklasifikasikan berdasar karakteristik berikut.

1. Kualitas cetakan yaitu keluaran atau cetakan yang dihasilkan oleh printer.

2. Kecepatan cetak yang diukur dengan karakter per detik atau halaman per menit.

3. Impact atau non-impact yang berkaitan dengan sistem kerja printer. Printer dengan teknologi daisy-wheel, dot-matrix, dan line printer adalah printer impact, sedangkan printer dengan teknologi laser dan ink-jet adalah printer non-impact. Perbedaan penting kedua jenis printer ini adalah pada kegaduhannya. Printer impact lebih gaduh daripada printer non-impact.

4. Kemampuan cetak yang terkait dengan teks dan grafik. Sebagian printer hanya dapat mencetak teks dan yang lainnya dapat mencetak teks dan grafik.

5. Font atau jenis huruf yang dapat dicetak. Sebagai contoh, printer dot-matrix hanya dapat mencetak beberapa font. Sebaliknya, printer laser dan ink-jet printers mampu mencetak font yang hampir tidak terbatas. (sumber : beritanet.com)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: