Satelit Cuaca Tercanggih Siap Pantau Global Warming

30 09 2009

4-Ilustrasi-satelit-GOES-untuk-memantau-global-warmingSatelit cuaca terbaru telah berhasil meluncur ke orbit pekan ini. Satelit ini akan memberikan prakiraan cuaca yang lebih akurat, termasuk memantau topan dan badai.

Dilansir melalui Yahoo News, Senin (29/6/2009), roket tak berawak itu membawa satelit cuaca bernama Geostationary Operational Enviromental Satellite (GOES). Peluncuran sedikit terlambat satu hari dari waktu yang dijadwalkan. Namun satelit ini telah meluncur dengan selamat dengan jarak 22.000 mil. Satelit ini nantinya akan diuji coba dahulu selama enam bulan.

Sepanjang waktu pengujian ini, GOES akan berputar mengitari bumi dan memberikan pandangannya terhadap cuaca yang akan terjadi di bumi. Satelit ini mampu menyediakan monitoring cuaca secara berkala untuk 60 persen wilayah di bumi, termasuk Amerika. Selain cuaca, GOES juga mampu memantau perubahan panas matahari dan adanya pemanasan global.

Satelit ini diprediksi akan lebih mumpuni karena didalamnya dilengkapi dengan sensor yang mampu menyediakan data yang lebih baik dan akurat, bahkan resolusi gambar yang dihasilkan pun lebih tinggi.

Misi peluncuran ini memakan waktu sekira USD499 juta, termasuk pengadaan roket pengirim Delta IV. Nantinya, saat mencapai orbit  yang ditentukan dalam waktu 1,5 minggu, satelit tersebut akan diberi nama GOES 14.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: